Acara Pengambilan Sumpah PNS dan Penyerahan SK CPNS Tahun 2018

Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara melalui Badan Kepegawaian Daerah menyelenggarakan Upacara pengambilan sumpah/janji PNS dari formasi Bidan/Dokter Pegawai Tidak Tetap (PTT) Kementerian Kesehatan dan Tenaga Harian Lepas-Tenaga Bantu (THL-TB) Penyuluh Pertanian Kementerian Pertanian sekaligus Penyerahan SK CPNS dari Formasi Umum dan Khusus Tahun Anggaran 2018 di Aula Ahmad Dewi Syukur (Komplek Kantor Bupati). Upacara pengambilan sumpah/janji ini diikuti oleh 143 orang Bidan PTT, 8 orang Tenaga Dokter, 18 orang THL-TB serta 218 orang CPNS, Selasa 16/4.

Upacara pengambilan sumpah/janji dipimpin langsung oleh Bupati H. Kharuddin Syah, SE. Bertindak sebagai saksi adalah Drs. Abdul Haris Rangkuty, M.AP, selaku Asisten Sekretaris Daerah Bidang Administrasi Umum dan Dra. Hj. Susi Asmarani, M.Si, selaku Kepala Badan Kepegawaian Daerah, dan disaksikan oleh seluruh Kepala Organisasi perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Bupati H. Kharuddin Syah, SE dalam sambutannya usai mengambil sumpah/janji 169 PNS dimaksud, mengajak seluruh PNS yang diambil sumpah/janjinya untuk bersyukur dan bekerja dengan sungguh-sungguh dalam melayani masyarakat karena sumpah/janji yang diucapkan tadi pada hakekatnya merupakan kesanggupan terhadap negara dan juga kesanggupan terhadap Allah SWT. Oleh sebab itu, dalam menjalankan pekerjaan hendaknya berkomitmen serta bertanggung jawab terhadap konsekuensi dari pengangkatan PNS dimaksud dan sekaligus menjadikannya sebagai rambu-rambu terhadap segala bentuk tindakan yang mencerminkan Aparatur Negara di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Lebih lanjut Bupati H. Kharuddin Syah, SE juga menyampaikan bahwa seluruh PNS hendaknya dapat mewujudkan disiplin, kecakapan dan dan prestasi kerja yang baik. Status PNS dapat juga diberhentikan, baik dengan hormat maupun tidak dengan hormat, jika melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku. Oleh karena itu, bekerjalah dengan baik, landasi diri dengan disiplin kerja dan disiplin waktu, patuhi segala peraturan dan ketentuan yang berlaku. Banyaklah belajar, niscaya akan mencapai keberhasilan dalam pekerjaan. Jadilah abdi negara dan abdi masyarakat, yang selalu siap sedia melayani masyarakat dengan ketulusan hati, bukan malah dilayani.

Pada kesempatan ini, Bupati H. Kharuddin Syah, SE juga mengingatkan kepada seluruh peserta upacara untuk ikut serta dalam pesta demokrasi yang akan diselengarakan besok pada tanggal 17 April 2019. Baik CPNS maupun PNS diharapkan menjadi “Pemilih yang Pintar”. Pemilihan umum yang akan dilaksanakan besok, dilakukan untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR-RI, DPD-RI dan DPRD Kabpaten/Kota di seluruh Negara Kesatuan Republik Indonesia. Walaupun PNS harus netral, tetapi PNS harus ikut memilih. PNS tidak boleh Golongan Putih (Golput), karena kita akan memilih yang terbaik dari yang baik, imbuhnya.

Pelaksanaan Upacara pengambilan sumpah/janji dimaksud merupakan amanat dari Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, pada pasal 39 ayat 1 yang menyebutkan “Setiap Calon PNS pada saat diangkat menjadi PNS wajib mengucapkan sumpah/janji. Kegiatan ini ditutup dengan penyerahan dan pembagian Surat Keputusan pengangkatan CPNS dan PNS.