Kegiatan Sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan Tentang Kepegawaian Bagi Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara Tahun 2019

Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara melalui Badan Kepegawaian Daerah menyelenggarakan kegiatan sosialisasi peraturan perundang-undangan bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara Tahun 2019. Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari dan dibuka oleh Asisten Sekretaris Daerah Bidang Administrasi Umum Setdakab. Labuhanbatu Utara yaitu Drs. Abdul Haris Rangkuty, M.AP. Para peserta kegiatan sosialisasi terdiri dari CPNS formasi umum dan formasi khusus eks tenaga honorer Kategori II Tahun Anggaran 2018, dengan jumlah peserta sebanyak 218 orang.

Pada kesempatan ini, Asisten Sekretaris Daerah Bidang Administrasi Umum Setdakab. Labuhanbatu Utara membacakan pidato Bupati Labuhanbatu Utara, yang menghimbau agar seluruh CPNS dimaksud dapat mengutamakan kualitas pelayanan publik pada saat sudah melaksanakan tugas sebagai abdi negara dan abdi masyarakat. Jangan sampai terkontaminasi dengan cara kerja yang lama serta jangan segan-segan meminta arahan dan bimbingan kepada yang lebih senior, lakukan kerjasama dan koordinasi dengan pihak-pihak lain untuk memperlancar dan menyukseskan program kerja. Teruslah belajar, karena dengan senantiasa belajar, maka segala tugas yang kita emban akan semakin ringan. Dengan belajar akan dapat menjawab segala tantangan yang kita hadapi secara baik.

Lebih lanjut Asisten Sekretaris Daerah Bidang Administrasi Umum Setdakab. Labuhanbatu Utara juga menyampaikan, bahwa dengan diangkatnya 218 CPNS ini akan diberikan masa percobaan paling lama 1 tahun, sehingga belum ada jaminan pasti, untuk diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Apalagi saudara-saudara sekalian tidak lulus dalam mengikuti diklat prajabatan ataupun pelatihan dasar yang hanya diberikan satu kali kesempatan dalam masa percobaan dimaksud. Apabila dalam menjalani masa percobaan tersebut tidak menunjukkan disiplin dan kinerja yang baik, maka pemerintah kabupaten labuhanbatu utara tidak segan-segan untuk memberhentikan CPNS yang bersangkutan.

Kegiatan sosialisasi ini juga mengundang narasumber dari Kantor Regional VI BKN Medan, yaitu Ibu Renyasari, SH.,M.AP, selaku Kepala Bidang Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian serta Ibu Eni Nuraini, SH, selaku Kepala Seksi Fasilitasi Kepegawaian. Kedua narasumber memberikan materi terkait hak dan kewajiban bagi PNS, penilaian prestasi kerja PNS serta materi-materi lain tentang kepegawaian. Sebagai materi tambahan Ibu Dra. Hj. Susi Asmarani, M.Si selaku Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Labuhanbatu Utara juga menyampaikan beberapa materi terkait tugas pokok dan fungsi serta pelayanan-pelayanan yang diemban oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD). Sebelum menutup kegiatan acara sosialisasi, Ibu Dra. Hj. Susi Asmarani, M.Si juga mengharapkan kepada CPNS dimaksud untuk menjadi “Agen Perubahan” pada setiap unit kerjanya masing-masing.

Seluruh pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini merupakan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, yang menyebutkan “bahwa setiap PNS memiliki hak dan kesempatan yang sama untuk diikutsertakan dalam pengembangan kompetensi yang dilakukan paling sedikit 20 (dua puluh) jam pelajaran dalam 1 (satu) tahun”. Pengembangan kompetensi PNS dimaksud dapat dilakukan melalui diklat kedinasan, bimbingan teknis (bimtek), konsorsium, sosialisasi ataupun kegiatan orientasi lainnya.