Launching Sistem Informasi Kepegawaian Online (SIGAOL), Sosialisasi dan Pelatihan Penanganan Kasus Disiplin Pegawai Negeri Sipil, dan Kenaikan Pangkat Otomatis (KPO)

Labura – Dalam meningkatkan pelayanan kepegawaian melalui sistem informasi manajemen kepegawaian, Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Labuhanbatu Utara membangun sistem aplikasi pelayanan administrasi kepegawaian secara online bagi PNS di Lingkungan Kabupaten Labuhanbatu Utara. Peserta sosialisasi dan pelatihan berjumlah + 150 orang, terdiri dari pejabat pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator dalam hal ini yang diundang adalah para sekretaris di masing-masing OPD, para Camat dan Lurah, para Kasubbag kepegawaian serta, pejabat pengawas di lingkungan pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara di Aula Ahmad Dewi Syukur kantor Bupati Labura, Kamis (22/11).

Acara dibuka oleh Drs. H. Dwi Prantara, MM selaku Wakil Bupati mengatakan, “sudah saatnya dalam menjalankan tugas, kita membiasakan yang benar dan bukan membenarkan yang biasa. mari kita tinggalkan budaya-budaya kerja kita yang kurang tepat, demi untuk mengangkat diri dan harga diri PNS Kabupaten Labuhanbatu Utara agar dapat sejajar bahkan lebih baik dari pegawai instansi yang lain.”

Lanjutnya diharapakan untuk peserta sosialisasi agar memahami jalannya kegiatan ini, sehingga mengetahui dan memahami mekanisme penetapan kenaikan pangkat otomatis serta mekanisme penjatuhan hukuman disiplin bagi PNS serta penerapan penggunaan aplikasi SIGAOL.

Dalam laporan penyelenggaraan yang disampaikan oleh Dra. Hj. Susi Asmarani, M.Si selaku Kepala Badan Kepegawaian daerah (BKD) bahwa sistem pelayanan administrasi ini akan memperbaiki pelayanan menjadi lebih prima, cepat, mudah sehingga lebih menyederhanakan birokrasi pelayanan. Selain itu pentingnya pemahaman tentang Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil dan mekanisme Kenaikan Pangkat Otomatis (KPO).

Launching sIstem baru itu ditandai dengan penekanan tombol sirene oleh Wakil Bupati Labura Drs. H. Dwi Prantara, MM didampingi Ketua DPRD Drs. H. Ali Tambunan, Kepala Kantor Regional VI BKN Sumut English Nainggolah SH, MH, Kabid Mutasi BKN Sumut Westerling Siregar, SH dan Kepala BKD Labura Dra. Hj. Susi Asmarani, M.Si serta dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata berupa plakat lambang Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Ketua DPRD Drs. H. Ali Tambunan pada kesempatan itu mengapresiasi kegiatan yang dilakukan BKD. Menurutnya, saat ini diperlukan sistem ini karena menciptakan transparansi pada administrasi kepegawaian dengan aspek akuntabilitas, sehingga PNS yang akan mengusulkan cuti dan kenaikan gaji berkala dapat langsung menerima pelayanan administrasi kepegawaian dimaksud tanpa harus datang ke BKD.

Selanjutnya Acara Sosialisasi diisi oleh Kepala Kantor Regional IV Medan tentang penjatuhan hukuman disiplin PNS. English Nainggolan SH, MH mengatakan “kesanggupan kita untuk menaati kewajiban kita dan menghindari larangan yang telah ditentukan dalam peraturan perundang-undangan maupun peraturan kedinasan.”

Terakhir penjelasan oleh kabid mutasi KANREG VI BKN Medan tentang Kenaikan Pangkat Otomatis (KPO). kebijakan ini dilakukan dalam rangka mewujudkan reformasi birokrasi dalam bidang kepegawaian. PNS tidak perlu lagi dibuat sibuk mengusulkan kenaikan pangkat, karena setiap 4 tahun sekali BKN akan mengusulkan daftar nama pegawai yang dianggap layak naik pangkat ke BKD.