Sosialisasi Pembangunan / Pengembangan Sistem Informasi Kepegawaian Daerah dan Simulasi Aplikasi Pelayanan Administrasi Kepegawaian Berbasis Online

Bertempat di Aula Grand Labura Hotel pada tanggal 6 Nopember 2018, Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Labuhanbatu Utara melaksanakan sosialisasi pembangunan/pengembangan sistem informasi kepegawaian daerah dan simulasi aplikasi pelayanan administrasi kepegawaian berbasis online di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara, dengan mengintegrasikan antara aplikasi sistem informasi kepegawaian (Simpeg) dengan SMS Gateway dan sistem peringatan dini (Early Warning System) untuk pengajuan cuti dan penetapan Kenaikan Gaji Berkala (KGB) secara otomatis.

Maksud diselenggarakannya kegiatan sosialisasi Simpeg adalah untuk mengintegrasikan informasi manajemen PNS ke dalam jaringan komputer yang mampu menghasilkan informasi yang bermutu untuk menunjang pengambilan keputusan manajemen kepegawaian pada Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara. Selain itu, Simpeg juga memiliki manfaat antara lain :

  1. Mendapatkan informasi tentang keadaan pegawai (profil kepegawaian) secara cepat dan akurat;
  2. Memudahkan pembuatan laporan yang berkaitan dengan kepegawaian;
  3. Dapat merencanakan penyebaran (mutasi) pegawai sesuai dengan pendidikan dan kompetensinya;
  4. Dapat merencanakan kebutuhan dan perekrutan pegawai;
  5. Mengurangi penggunaan kertas dalam peningkatan pelayanan administrasi kepegawaian.
  6. Badan Kepegawaian Daerah juga mensimulasikan sistem aplikasi pelayanan administrasi kepegawaian berbasis online, yang terdiri dari pelayanan permintaan cuti dan penetapan kenaikan gaji berkala secara otomatis. Aplikasi ini merupakan implementasi proyek perubahan dari Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Labuhanbatu Utara, Dra. Hj. Susi Asmarani, M.Si yang sedang mengikuti Diklatpim Tk. II pada BPSDM Jawa Barat.

Adapun tujuan dari pelaksanaan sosialisasi ini adalah menyediakan informasi yang akurat untuk keperluan perencanaan, pengembangan, kesejahteraan dan pengendalian pegawai, serta memperbaiki pelayanan kepegawaian menjadi lebih prima, cepat, mudah dan akuntabel, sehingga lebih menyederhanakan birokrasi pelayanan.

Dengan adanya aplikasi ini diharapkan PNS dapat melakukan peremajaan data kepegawaian setiap kali ada perubahan data, guna mewujudkan data kepegawaian yang mutakhir dan terintegrasi sehingga dapat dipergunakan untuk mengurus keperluan administrasi kepegawaian di masa yang akan datang.