Tugas Pokok dan Fungsi

BADAN

TUGAS POKOK

Membantu Bupati melaksanakan fungsi penunjang Urusan Pemerintahan bidang kepegawaian dan pengembangan sumber daya manusia.

 

FUNGSI

  1. Penyusunan kebijakan teknis bidang kepegawaian dan pengembangan sumber daya manusia.
  2. Pelaksanaan tugas dukungan teknis bidang kepegawaian dan pengembangan sumber daya manusia.
  3. Pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas dukungan teknis bidang kepegawaian dan pengembangan sumber daya manusia.
  4. Pembinaan teknis penyelenggaraan fungsi-fungsi penunjang Urusan Pemerintahan Daerah bidang kepegawaian dan pengembangan sumber daya manusia.
  5. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

SEKRETARIAT

TUGAS POKOK

Melaksanakan sebagian tugas Badan dalam pelayanan teknis dan administratif serta koordinasi pelaksanaan tugas di lingkungan Badan.

 

FUNGSI

  1. Menyiapkan bahan perumusan rencana dan program kerja kesekretariatan.
  2. Koordinasi penyusunan kebijakan, rencana, program, kegiatan, dan anggaran Badan.
  3. Pengelolaan data dan informasi dalam lingkup kewenangan Badan.
  4. Koordinasi dan pelaksanaan kerjasama dalam lingkup kewenangan Badan.
  5. Koordinasi pengelolaan dan laporan keuangan di lingkungan Badan.
  6. Pelaksanaan urusan organisasi dan tata laksana di lingkungan Badan.
  7. Pengelolaan kepegawaian di lingkungan Badan.
  8. Penyusunan bahan pelaksanaan urusan Tugas Pembantuan.
  9. Koordinasi dan penyusunan bahan publikasi dan hubungan masyarakat.
  10. Koordinasi pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan dalam lingkup kewenangan Badan.
  11. Pengelolaan barang milik Daerah di lingkungan Badan.
  12. Pelaksanaan urusan ketatausahaan dan kerumahtanggaan di lingkungan Badan.
  13. Pelaksanaan koordinasi penyelenggaraan tugas-tugas Badan.
  14. Melaksanakan tertib administrasi dan menyusun laporan Program dan Kegiatan yang menjadi lingkup tugasnya.
  15. Melaksanakan fungsi lain yang diperintahkan Pimpinan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

SUBBAGIAN UMUM

TUGAS POKOK

Melaksanakan sebagian tugas Sekretariat dalam urusan ketatausahaan, kerumahtanggaan, organisasi, ketatalaksanaan, kepegawaian, penyusunan bahan kerjasama, publikasi, dan hubungan masyarakat.

 

RINCIAN TUGAS

  1. Menyusun rencana dan program kegiatan Subbagian Umum
  2. Pengelolaan urusan tata usaha, surat menyurat dan kearsipan.
  3. Pengelolaan urusan perlengkapan dan rumah tangga.
  4. Pengelolaan urusan administrasi kepegawaian, organisasi dan ketatalaksanaan.
  5. Penyelenggaraan pembuatan Sasaran Kerja Pegawai (SKP).
  6. Penyiapan dan penyusunan bahan kerjasama dalam lingkup kewenangan Badan.
  7. Pengelolaan publikasi dan hubungan masyarakat.
  8. Melaksanakan tertib administrasi dan menyusun laporan Program dan Kegiatan yang menjadi lingkup tugasnya.
  9. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diperintahkan Pimpinan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

SUBBAGIAN PROGRAM DAN KEUANGAN

TUGAS POKOK

Melaksanakan sebagian tugas Sekretariat di bidang penyusunan rencana kerja dan rencana kerja anggaran dan pengelolaan keuangan meliputi pembukuan, perhitungan anggaran  dan verifikasi serta perbendaharaan  di lingkungan Badan.

 

RINCIAN TUGAS

  1. Menyusun rencana dan program kegiatan Subbagian Program dan Keuangan.
  2. Merumuskan penyusunan kebijakan Standar Pelayanan Minimal (SPM).
  3. Mengoordinasikan dan mempersiapkan penyusunan rencana strategis, rencana kerja, rencana kerja tahunan dan rencana kerja anggaran.
  4. Mengoordinasikan dan mempersiapkan penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja.
  5. Melaksanakan monitoring dan evaluasi kegiatan serta menyusun laporan di lingkungan Badan.
  6. Meneliti dan menelaah Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dan anggaran kas dalam rangka penatausahaan keuangan.
  7. Melakukan pengelolaan administrasi keuangan meliputi penerimaan, penyimpanan, pengeluaran dan pembukuan.
  8. Melakukan koordinasi dan menyusun kebijakan laporan keuangan meliputi laporan realisasi anggaran, neraca dan catatan atas laporan keuangan.
  9. Melaksanakan akuntansi pengelolaan keuangan anggaran Badan.
  10. Meneliti dan menguji kelengkapan surat permintaan pembayaran dan surat pertanggungjawaban.
  11. Menyiapkan dan mengadministrasikan Surat Perintah Membayar (SPM).
  12. Melakukan verifikasi, meneliti dan menguji setiap dokumen/bukti serta Surat Pertanggungjawaban bendahara pengeluaran dan bendahara penerimaan.
  13. Melaksanakan penyusunan daftar gaji dan Tambahan Penghasilan Pegawai Negeri Sipil.
  14. Menghimpun dan mengolah data serta informasi dalam rangka penatausahaan keuangan.
  15. Melakukan koordinasi dengan setiap bidang untuk persiapan pelaksanaan jadwal kegiatan.
  16. Melaksanakan tertib administrasi dan menyusun laporan Program dan Kegiatan yang menjadi lingkup tugasnya.
  17. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diperintahkan Pimpinan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

BIDANG MUTASI, PENGADAAN DAN PENGEMBANGAN KARIR

TUGAS POKOK

Melaksanakan sebagian tugas Badan dalam penyusunan kebijakan teknis, pelaksanaan tugas dukungan teknis, pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas dukungan teknis, pembinaan teknis penyelenggaraan fungsi-fungsi penunjang Urusan Pemerintahan Daerah di bidang mutasi, pengadaan dan pemberhentian, pengembangan karir dan fasilitasi profesi ASN.

 

FUNGSI

  1. Penyusunan kebijakan teknis, pelaksanaan tugas dukungan teknis, pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas dukungan teknis, pembinaan teknis penyelenggaraan fungsi-fungsi penunjang Urusan Pemerintahan Daerah di bidang mutasi.
  2. Penyusunan kebijakan teknis, pelaksanaan tugas dukungan teknis, pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas dukungan teknis, pembinaan teknis penyelenggaraan fungsi-fungsi penunjang Urusan Pemerintahan Daerah di bidang pengadaan dan pemberhentian.
  3. Penyusunan kebijakan teknis, pelaksanaan tugas dukungan teknis, pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas dukungan teknis, pembinaan teknis penyelenggaraan fungsi-fungsi penunjang Urusan Pemerintahan Daerah di bidang pengembangan karir dan fasilitasi profesi ASN.
  4. Penyusunan perencanaan, pengadaan, pengangkatan, pengembangan karir, memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan KORPRI, administrasi pengangkatan dalam jabatan serta kepangkatan dan mutasi lainnya.
  5. Pelaksanaan pengadaan, pengangkatan, pengembangan karir, administrasi pengangkatan dalam jabatan serta kepangkatan dan mutasi lainnya.
  6. Menyusun rencana kegiatan sesuai dengan program kerja Badan Kepegawaian Daerah sebagai pedoman pelaksanaan tugas.
  7. Menyusun rencana kebutuhan dalam bidang pengadaan, pengangkatan, pengembangan karir, memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan KORPRI, administrasi pengangkatan dalam jabatan serta kepangkatan dan mutasi lainnya.
  8. Menyusun bahan dan menganalisa data dalam rangka penyusunan petunjuk teknis pengadaan, pengangkatan, pengembangan karir, administrasi pengangkatan dalam jabatan serta kepangkatan dan mutasi lainnya.
  9. Melaksanakan tertib administrasi dan menyusun laporan Program dan Kegiatan yang menjadi lingkup tugasnya.
  10. Melaksanakan fungsi lain yang diperintahkan Pimpinan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

SUBBIDANG MUTASI

TUGAS POKOK

Melaksanakan sebagian tugas Bidang Mutasi, Pengadaan dan Pengembangan Karir dalam penyusunan kebijakan teknis, pelaksanaan tugas dukungan teknis, pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas dukungan teknis, pembinaan teknis penyelenggaraan fungsi-fungsi penunjang Urusan Pemerintahan Daerah di bidang penyelesaian administrasi kepangkatan dan mutasi.

 

RINCIAN TUGAS

  1. Menyusun rencana dan program kegiatan Subbidang Mutasi.
  2. Penyusunan kebijakan teknis di bidang penyelesaian administrasi kepangkatan dan mutasi.
  3. Pelaksanaan tugas dukungan teknis di bidang penyelesaian administrasi kepangkatan dan mutasi.
  4. Pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas dukungan teknis di bidang penyelesaian administrasi kepangkatan dan mutasi.
  5. Pembinaan teknis penyelenggaraan fungsi-fungsi penunjang Urusan Pemerintahan Daerah di bidang penyelesaian administrasi kepangkatan dan mutasi.
  6. Menyiapkan bahan dalam rangka pengelolaan kepegawaian.
  7. Menyiapkan bahan dalam rangka pelaksanaan kenaikan pangkat dan mutasi staf lainnya.
  8. Menyusun rencana kegiatan mutasi pegawai sebagai pedoman pelaksanaan tugas.
  9. Menyusun rencana kebutuhan bidang mutasi sebagai bahan usulan kepada Pimpinan.
  10. Memberi petunjuk dan arahan dalam rangka penyelesaian administrasi kepangkatan.
  11. Memproses usul mutasi pegawai antar instansi dan unit kerja.
  12. Memelihara dan memproses usul cuti PNS.
  13. Memproses dan mempersiapkan bahan kelengkapan administrasi kepangkatan.
  14. Menyiapkan bahan bimbingan teknis bidang kepegawaian.
  15. Memproses usul mutasi pegawai antar daerah Provinsi/Kabupaten/Kota.
  16. Memproses usul tunjangan jabatan fungsional.
  17. Melaksanakan tertib administrasi dan menyusun laporan Program dan Kegiatan yang menjadi lingkup tugasnya.
  18. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diperintahkan Pimpinan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

SUBBIDANG PENGADAAN DAN PEMBERHENTIAN

TUGAS POKOK

Melaksanakan sebagian tugas Bidang Mutasi, Pengadaan dan Pengembangan Karir dalam penyusunan kebijakan teknis, pelaksanaan tugas dukungan teknis, pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas dukungan teknis, pembinaan teknis penyelenggaraan fungsi-fungsi penunjang Urusan Pemerintahan Daerah di bidang pengadaan dan pemberhentian.

 

RINCIAN TUGAS

  1. Menyusun rencana dan program kegiatan Subbidang Pengadaan dan Pemberhentian.
  2. Penyusunan kebijakan teknis di bidang pengadaan dan pemberhentian.
  3. Pelaksanaan tugas dukungan teknis di bidang pengadaan dan pemberhentian.
  4. Pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas dukungan teknis di bidang pengadaan dan pemberhentian.
  5. Pembinaan teknis penyelenggaraan fungsi penunjang Urusan Pemerintahan Daerah di bidang pengadaan dan pemberhentian.
  6. Pelaksanaan rencana kegiatan dan penyiapan bahan dalam rangka kerjasama dengan perguruan tinggi negeri tentang pembuatan soal ujian pengadaan pegawai.
  7. Penyusunan rencana kebutuhan pengadaan pegawai.
  8. Menyiapkan data untuk penyusunan bezetting pegawai.
  9. Menyiapkan bahan dalam rangka pelaksanaan seleksi administrasi penerimaan CPNS.
  10. Mempersiapkan persyaratan untuk pengusulan NIP bagi peserta yang lulus seleksi CPNS.
  11. Memproses surat usul pemberhentian sebagai CPNS karena tidak memenuhi syarat untuk diangkat penjadi PNS.
  12. Melaksanakan koordinasi dengan instansi lainnya dalam pelaksanaan seleksi CPNS.
  13. Menyiapkan bahan dan data dalam menyusun petunjuk teknis penjatuhan hukuman disiplin dan pemberhentian pegawai.
  14. Menyelenggarakan administrasi penjatuhan hukuman disiplin dan pemberhentian.
  15. Menyiapkan naskah Keputusan Bupati tentang penempatan CPNS.
  16. Memproses usul pengangkatan CPNS menjadi PNS.
  17. Memelihara dan menyiapkan data Pegawai Tidak Tetap (PTT) dan Tenaga Kerja Sukarela (TKS).
  18. Melaksanakan tertib administrasi dan menyusun laporan Program dan Kegiatan yang menjadi lingkup tugasnya.
  19. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diperintahkan Pimpinan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

SUBBIDANG PENGEMBANGAN KARIR DAN FASILITASI PROFESI ASN

TUGAS POKOK

Melaksanakan sebagian tugas Bidang Mutasi, Pengadaan dan Pengembangan Karir dalam dalam penyusunan kebijakan teknis, pelaksanaan tugas dukungan teknis, pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas dukungan teknis, pembinaan teknis penyelenggaraan fungsi-fungsi penunjang Urusan Pemerintahan Daerah di bidang pengembangan karir pegawai dengan analisis kepangkatan dan jabatan serta memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan KORPRI.

 

RINCIAN TUGAS

  1. Menyusun rencana dan program kegiatan Subbidang Pengembangan Karir dan Fasilitasi Profesi ASN.
  2. Penyusunan kebijakan teknis di bidang pengembangan karir pegawai dengan analisis kepangkatan dan jabatan serta memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan KORPRI.
  3. Pelaksanaan tugas dukungan teknis di bidang pengembangan karir pegawai dengan analisis kepangkatan dan jabatan serta memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan KORPRI.
  4. Pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas dukungan teknis di bidang pengembangan karir pegawai dengan analisis kepangkatan dan jabatan serta memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan KORPRI.
  5. Pembinaan teknis penyelenggaraan fungsi-fungsi penunjang Urusan Pemerintahan Daerah di bidang pengembangan karir pegawai dengan analisis kepangkatan dan jabatan serta memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan KORPRI.
  6. Pelaksanaan kegiatan dan penyiapan bahan dalam rangka pengembangan pelaksanaan pelantikan pejabat struktural dan fungsional.
  7. Menyiapkan bahan pelantikan dan sumpah jabatan pegawai.
  8. Menghimpun dan mempersiapkan bahan petunjuk dalam menganalisa jabatan fungsional dan struktural.
  9. Melaksanakan pengambilan sumpah/janji Pegawai Negeri Sipil.
  10. Mempersiapkan petikan Keputusan tentang pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan fungsional dan struktural.
  11. Memproses usul pemberhentian jabatan fungsional menjadi struktural.
  12. Pengoordinasian dan fasilitasi penyelenggaraan kegiatan KORPRI.
  13. Penyelenggaraan pengelolaan administrasi umum dan kerjasama KORPRI.
  14. Fasilitasi penyelenggaraan kegiatan usaha, bantuan hukum dan sosial KORPRI.
  15. Melaksanakan tertib administrasi dan menyusun laporan Program dan Kegiatan yang menjadi lingkup tugasnya.
  16. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diperintahkan Pimpinan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

BIDANG PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DAN PENSIUN

TUGAS POKOK

Melaksanakan sebagian tugas Badan dalam penyusunan kebijakan teknis, pelaksanaan tugas dukungan teknis, pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas dukungan teknis, pembinaan teknis penyelenggaraan fungsi-fungsi penunjang Urusan Pemerintahan Daerah di bidang pengembangan, pendidikan dan pelatihan, pengolahan dokumentasi dan informasi data kepegawaian, pengelolaan administrasi pemberhentian, pensiun, kesejahteraan dan penghargaan.

 

FUNGSI

  1. Penyusunan kebijakan teknis, pelaksanaan tugas dukungan teknis, pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas dukungan teknis, pembinaan teknis penyelenggaraan fungsi-fungsi penunjang Urusan Pemerintahan Daerah di bidang penilaian kinerja aparatur dan informasi.
  2. Penyusunan kebijakan teknis, pelaksanaan tugas dukungan teknis, pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas dukungan teknis, pembinaan teknis penyelenggaraan fungsi-fungsi penunjang Urusan Pemerintahan Daerah di bidang pengembangan aparatur.
  3. Penyusunan kebijakan teknis, pelaksanaan tugas dukungan teknis, pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas dukungan teknis, pembinaan teknis penyelenggaraan fungsi-fungsi penunjang Urusan Pemerintahan Daerah di bidang pensiun dan penghargaan.
  4. Menyusun dan melaksanakan pengolahan data dan informasi kepegawaian.
  5. Merumuskan pelaksanaan administrasi, pensiun, kesejahteraan dan penghargaan.
  6. Menyusun pengadaan dan peningkatan program dokumentasi dan pemutakhiran pengelolaan data kepegawaian melalui sistem komputerisasi.
  7. Menyusun perencanaan, persiapan dan koordinasi penyelenggaraan diklat jabatan fungsional dan struktural.
  8. Mempersiapkan proses pengiriman PNS untuk tugas belajar.
  9. Mempersiapkan berkas-berkas pengusulan izin belajar dan tugas belajar.
  10. Memfasilitasi administrasi penerbitan Kartu Pegawai Negeri Sipil (Karpeg), Kartu Istri Pegawai Negeri Sipil (Karis), Kartu Suami Pegawai Negeri Sipil (Karsu) dan Tabungan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen).
  11. Melaksanakan tertib administrasi dan menyusun laporan Program dan Kegiatan yang menjadi lingkup tugasnya.
  12. Melaksanakan fungsi lain yang diperintahkan Pimpinan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

SUBBIDANG PENILAIAN KINERJA APARATUR DAN INFORMASI

TUGAS POKOK

Melaksanakan sebagian tugas Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pensiun dalam penyusunan kebijakan teknis, pelaksanaan tugas dukungan teknis, pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas dukungan teknis, pembinaan teknis penyelenggaraan fungsi-fungsi penunjang Urusan Pemerintahan Daerah di bidang penilaian kinerja aparatur dan informasi.

 

RINCIAN TUGAS

  1. Menyusun rencana dan program kegiatan Subbidang Penilaian Kinerja Aparatur dan Informasi.
  2. Penyusunan kebijakan teknis di bidang penilaian kinerja aparatur dan pengelolaan data dan informasi kepegawaian.
  3. Pelaksanaan tugas dukungan teknis di bidang penilaian kinerja aparatur dan pengelolaan data dan informasi kepegawaian.
  4. Pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas dukungan teknis di bidang penilaian kinerja aparatur dan pengelolaan data dan informasi kepegawaian.
  5. Pembinaan teknis penyelenggaraan fungsi-fungsi penunjang Urusan Pemerintahan Daerah di bidang penilaian kinerja aparatur dan pengelolaan data dan informasi kepegawaian.
  6. Pengelolaan dan fasilitasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).
  7. Menyiapkan pembaharuan data dan pemeliharaan informasi kepegawaian.
  8. Menerima, memproses dan menganalisa data kepegawaian melalui sistem komputerisasi.
  9. Pengadaan dan peningkatan program pengolahan data kepegawaian.
  10. Membuat file data, dokumentasi dan katalogisasi data kepegawaian serta pendataan ulang Pegawai Negeri Sipil.
  11. Melaksanakan dan mengembangkan aktualisasi data kepegawaian.
  12. Menyiapkan data pegawai se-Kabupaten Labuhanbatu Utara termasuk pembuatan informasi kepegawaian dalam bentuk media elektronik.
  13. Membuat papan informasi tentang keadaan dan statistik pegawai di Kabupaten Labuhanbatu Utara.
  14. Penataan dan pemeriksaan arsip data secara berkala melalui sistem komputerisasi.
  15. Menyusun dan mengembangkan Sistem Informasi Kepegawaian berbasis IT.
  16. Berkoordinasi dengan instansi lain yang berkaitan dengan penilaian kinerja aparatur.
  17. Mengelola dan memelihara website Badan.
  18. Melaksanakan tertib administrasi dan menyusun laporan Program dan Kegiatan yang menjadi lingkup tugasnya.
  19. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diperintahkan Pimpinan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

SUBBIDANG PENGEMBANGAN APARATUR

TUGAS POKOK

Melaksanakan sebagian tugas Bidang Sumber Daya Manusia dan Pensiun dalam penyusunan kebijakan teknis, pelaksanaan tugas dukungan teknis, pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas dukungan teknis, pembinaan teknis penyelenggaraan fungsi-fungsi penunjang Urusan Pemerintahan Daerah di bidang pengembangan aparatur.

 

RINCIAN TUGAS

  1. Menyusun rencana dan program kegiatan Subbidang Pengembangan Aparatur.
  2. Penyusunan kebijakan teknis di bidang pendidikan dan pelatihan pegawai serta pengembangan aparatur.
  3. Pelaksanaan tugas dukungan teknis di bidang pendidikan dan pelatihan pegawai serta pengembangan aparatur.
  4. Pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas dukungan teknis di bidang pendidikan dan pelatihan pegawai serta pengembangan aparatur.
  5. Pembinaan teknis penyelenggaraan fungsi-fungsi penunjang Urusan Pemerintahan Daerah di bidang pendidikan dan pelatihan pegawai serta pengembangan aparatur.
  6. Penyelenggaraan dan fasilitasi diklat teknis fungsional, penjenjangan, bimbingan teknis dan diklat prajabatan dan diklat lainnya.
  7. Mengumpulkan dan menganalisa data kebutuhan diklat teknis fungsional dan penjenjangan.
  8. Menginventarisasi permasalahan-permasalahan di bidang diklat teknis fungsional dan penjenjangan serta membuat petunjuk pemecahan masalah.
  9. Menyiapkan penyusunan laporan daftar pegawai yang telah mengikuti diklat.
  10. Mempersiapkan penyelenggaraan ujian penyesuaian ijazah dan ujian dinas.
  11. Mengelola dan mempersiapkan administrasi tugas belajar dan izin belajar.
  12. Memproses dan menerbitkan naskah Keputusan perbaikan tingkat pendidikan.
  13. Menyelenggaraan seleksi penerimaan IPDN, STIA-LAN, STAN dan lainnya.
  14. Melaksanakan tertib administrasi dan menyusun laporan Program dan Kegiatan yang menjadi lingkup tugasnya.
  15. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diperintahkan Pimpinan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

SUBBIDANG PENSIUN DAN PENGHARGAAN

TUGAS POKOK

Melaksanakan sebagian tugas Bidang Sumber Daya Manusia dan Pensiun dalam penyusunan kebijakan teknis, pelaksanaan tugas dukungan teknis, pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas dukungan teknis, pembinaan teknis penyelenggaraan fungsi-fungsi penunjang Urusan Pemerintahan Daerah di bidang pensiun dan penghargaan.

 

RINCIAN TUGAS

  1. Menyusun rencana dan program kegiatan Subbidang Pensiun dan Penghargaan.
  2. Penyusunan kebijakan teknis di bidang pensiun, kesejahteraan dan penghargaan.
  3. Pelaksanaan tugas dukungan teknis di bidang pensiun, kesejahteraan dan penghargaan.
  4. Pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas dukungan teknis di bidang pensiun, kesejahteraan dan penghargaan.
  5. Pembinaan teknis penyelenggaraan fungsi-fungsi penunjang Urusan Pemerintahan Daerah di bidang pensiun, kesejahteraan dan penghargaan.
  6. Mempersiapkan bahan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis, pensiun, kesejahteraan dan penghargaan.
  7. Penyiapan bahan, peraturan perundang-undangan serta pembinaan permasalahan keluarga pegawai.
  8. Menyiapkan bahan dan data dalam rangka penyusunan petunjuk teknis pemberhentian dan pensiun.
  9. Menyiapkan penyusunan rencana pensiun kepegawaian.
  10. Memfasilitasi administrasi penerbitan Kartu Pegawai Negeri Sipil (Karpeg), Kartu Istri Pegawai Negeri Sipil (Karis), Kartu Suami Pegawai Negeri Sipil (Karsu) dan Tabungan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen).
  11. Memproses dan memeriksa berkas kelengkapan pensiun, kelengkapan berkas Taspen PNS yang telah pensiun.
  12. Memproses usul penghargaan kepada PNS.
  13. Memproses kelengkapan berkas untuk mencairkan tabungan perumahan.
  14. Melaksanakan tertib administrasi dan menyusun laporan Program dan Kegiatan yang menjadi lingkup tugasnya.
  15. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diperintahkan Pimpinan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.